Pengaruh Tablet PC dan Perkembangan Kognitif Terhadap Perkembangan Motorik Pada Anak Balita Perkotaan di Sekolah Kepompong Kemang

A. PENGARUH TABLET PC DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK PADA ANAK BALITA PERKOTAAN DI SEKOLAH KEPOMPONG KEMANG

B. Latar Belakang

Kemajuan teknologi dewasa ini sangat maju dan pesat. Hal ini terlihat bahwa teknologi itu sendiri sangat digandrungi tidak hanya oleh masyarakat yang berusia matang namun juga bagi para anak-anak usia dini. Keakraban anak-anak usia dini terhadap teknologi dapat terlihat pada banyaknya penggunaan tablet PC pada anak-anak usia dini di perkotaan. Teknologi yang bersahabat ini pun terlihat dengan mudahnya mereka mengakses video games ataupun video movie pada fitur-fitur dalam tablet PC tersebut.

Para produsenpun berlomba-lomba untuk memberikan suatu produk yang dapat dibeli oleh semua kalangan. Hal ini berdampak pada menjamurnya produk-produk teknologi yang bersahabat dan murah. Tak dipungkiri bahwa hal ini menjadi fenomena dan gengsi tersendiri bagi para orang tua. Karena kesibukkan dari para orang tua tersebut, membuat waktu bermain menjadi sangat sedikit, dan orang tua sudah terlampau capek ketika anak usia dini ingin bermain.

Penggunaan teknologi membuat anak usia dini terasah secara kognitif, mereka (anak usia dini) dapat berlatih pada permainan-permainan kecerdasan yang memerlukan proses berfikir. Serta menyimak film-film pendek pada fitur yang tersedia, membuat mereka konsentrasi penuh untuk memperhatikan apa yang terpampang pada layar tablet PC tersebut. Fasilitas layar sentuh juga memudahkan anak usia dini mengakses fasilitas apa-apa saja yang terdapat dalam perangkat teknologi tersebut.

Keasyikan ini membuat anak-anak terlena untuk terus bermain belajar bersama tablet PCnya. Sehingga kebutuhan akan gerak menjadi kurang terpenuhi. Karena pada hakikatnya anak usia dini memerlukan latihan-latihan untuk memaksimalkan motorik kasar maupun halus.

Berdasarkan masalah diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh tablet PC dan perkembangan kognitif terhadap perkembangan motorik pada anak balita perkotaan di sekolah kepompong kemang.

C. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh tablet PC dan perkembangan kognitif terhadap perkembangan motorik pada anak balita perkotaan di sekolah kepompong kemang?.”

D. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perorangan, masyarakat serta institusi.

1. Secara teoritis: menambah wawasan pengetahuan, mengembangkan ilmu dan meningkatkan kecerdasan pada anak.

2. Secara praktis:

Bagi anak dapat meningkatkan kecerdasan kognitif serta meningkatkan kemampuan motorik. Bagi guru dapat di jdikan pertimbangan dalam membuat kegiatan pembelajaran di kelas. Bagi orang tua diharapkan dapat menjadi masukan yang bermanfaat. Sedangkan bagi institusi dapat dijadikan acuan kurikulum pembelajaran pada institusi tersebut.

Tinggalkan komentar